10 Manfaat Sehat Kale

Beberapa tahun belakangan, popularitas kale terus meningkat di dunia, termasuk di Indonesia. Kale kini bahkan telah dibudidaya di Indonesia, sehingga Sahabat Fullerton di Indonesia juga bisa mendapatkan kale dengan lebih mudah dan dengan harga yang relatif lebih murah. Sayuran yang masih ‘bersaudara‘ dengan kubis dan brokoli ini dikenal sebagai superfood karena berbagai manfaatnya berikut ini:

 

  1. Mengandung nutrisi yang lengkap

Kale mengandung vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6, B9, K, kolin, mangan, magnesium, zat besi, fosfor, serta nutrisi lainnya. Nutrisi lengkap ini tentu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Selain itu, kandungan kalori kale juga sangat rendah, yaitu hanya 33 kalori. Kale juga kaya serat dan protein yang sangat baik untuk kesehatan.

  1. Kaya antioksidan

Kale kaya antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kale juga kaya antioksidan kaempferol dan quercetin yang bermanfaat membantu melindungi kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, serta mencegah depresi dan kanker.

  1. Kaya vitamin C

Kandungan vitamin C kale sangat tinggi, bahkan 4,5 kali lebih banyak dibandingkan bayam. Semangkuk kale mentah bahkan mengandung lebih banyak vitamin C daripada sebuah jeruk.

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi jus kale setiap hari selama 12 minggu membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

  1. Kaya vitamin K

Kale merupakan salah satu sumber vitamin K yang paling baik. Satu mangkuk kale mentah mengandung vitamin K 7 kali lebih banyak dari jumlah asupan vitamin K yang disarankan setiap hari.

  1. Mengandung nutrisi pelawan kanker

Kale mengandung berbagai nutrisi yang dipercaya membantu melindungi tubuh dari kanker. Salah satunya adalah sulforaphane dan indole-3-carbinol, nutrisi yang dipercaya membantu mencegah pembentukan sel kanker.

  1. Kaya mineral

Kale mengandung berbagai macam mineral yang sangat penting untuk kesehatan, seperti kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, magnesium yang membantu melindungi tubuh dari diabetes dan penyakit jantung, potasium yang menjaga kestabilan tekanan darah, dll.

  1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu kandungan nutrisi dalam kale adalah lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang banyak terdapat dalam kale dan bermanfaat menurunkan resiko penyakit mata seperti katarak. Kale juga kaya beta karoten, antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

  1. Menjaga berat badan sehat

Kale tak hanya rendah kalori, tapi juga mengandung protein dan serat yang penting untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan sehat.

  1. Membersihkan racun dalam tubuh

Kale mengandung nutrisi seperti glucosinolates yang membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

 

Kale bisa diolah dengan berbagai cara seperti diolah dalam jus atau smoothie, diolah dalam salad, atau ditumis dengan sedikit minyak zaitun. Berminat memanfaatkan kale dalam menu harian keluarga Anda?

Related posts