8 Bahan Makanan untuk Menjaga Kesehatan Otak

Otak merupakan organ tubuh yang paling penting. Kinerja otak tak hanya mengatur organ tubuh lain seperti jantung, sistem pernafasan, dll, tapi juga mempengaruhi daya ingat dan kemampuan kognitif kita. Sahabat Fullerton tentu ingin agar kinerja otak kita tetap optimal walaupun usia kita terus bertambah, bukan? Berarti Sahabat Fullerton harus rajin mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini yang sangat bermanfaat menjaga daya ingat dan kinerja otak:

 

  1. Ikan

Beberapa jenis ikan seperti salmon, sarden, dan ikan kembung kaya asam lemak Omega 3 yang dibutuhkan dalam pembentukan sel otak, proses belajar, dan daya ingat. Omega 3 juga membantu mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Kopi

Kafein dalam kopi membantu meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi. Karena itulah, teh hijau yang juga tinggi kandungan kafeinnya juga memiliki manfaat kesehatan untuk otak.

  1. Blueberry

Beberapa kandungan antioksidan dalam blueberry membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak. Selain itu, blueberry juga meningkatkan daya ingat.

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit membantu mendorong pertumbuhan sel otak, sehingga menunda penurunan daya ingat akibat usia.

  1. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin K yang penting untuk peningkatan daya ingat. Selain itu, brokoli juga mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang membantu melindungi otak dari kerusakan.

  1. Biji labu

Kandungan antioksidan pada biji labu membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, biji labu juga kaya seng, magnesium, tembaga, dan zat besi yang sangat baik bagi kesehatan otak.

  1. Jeruk

Jeruk baik untuk otak karena kandungan vitamin C-nya yang membantu melawan radikal bebas yang merusak sel otak. Karena itu, buah lain yang kaya vitamin C seperti kiwi, tomat, strawberry, dan jambu biji juga bisa jadi pilihan buah untuk menjaga kesehatan otak.

  1. Telur

Telur mengandung kolin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya ingat. Selain itu, telur juga kaya vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan otak pula.

 

Selain mengetahui bahan-bahan yang baik untuk otak, Sahabat Fullerton tentu juga harus mengetahui bahan yang harus Anda hindari karena berpengaruh buruk bagi fungsi otak. Bahan-bahan yang harus Anda hindari di antaranya adalah minuman dengan kandungan gula tinggi seperti soda dan minuman kemasan, bahan makanan dengan indeks glikemik tinggi, serta bahan makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Semoga dengan gaya hidup sehat dan pola makan gizi seimbang, kesehatan otak dan daya ingat Sahabat Fullerton terus terjaga. Biar tidak cepat pikun!

Related posts