Cara Mengatasi Gejala Maag

Sahabat Fullerton yang pernah mengalami masalah maag pasti mengetahui penderitaan yang terasa ketika mengalami maag. Ulu hati terasa begitu perih, hingga berjalan tegak pun sulit dilakukan. Apalagi penyakit ini bisa kambuh sewaktu-waktu dan mengganggu aktivitas Anda. Lalu bagaimana cara untuk menjaga agar maag Anda tidak mudah kambuh? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba:

 

  1. Batasi kandungan gluten dalam makanan

Kandungan protein kompleks dalam gluten bisa sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Karena itu, batasi kandungan gluten dalam makanan. Untuk mendapatkan energi, gantikan bahan makanan yang mengandung gluten dengan oatmeal yang lebih ramah untuk perut Anda.

 

  1. Batasi asupan gula dan karbohidrat

Asupan karbohidrat yang berlebihan akan menyebabkan gas dan meningkatkan tekanan dalam perut. Itulah sebabnya asupan karbohidrat berlebih menyebabkan nyeri pada perut bagian atas. Jadi, batasi asupan gula dan karbohidrat Anda untuk mencegah masalah maag.

 

  1. Konsumsi makanan dan minuman fermentasi

Makanan dan minuman fermentasi mengandung bakteri menguntungkan yang membantu pencernaan dan meringankan gejala sakit maag. Sajian seperti kimchi, yoghurt tanpa gula, acar, dll bisa jadi pilihan Anda.

 

  1. Konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak

Lemak memiliki manfaat anti-inflamasi terhadap pencernaan, sedangkan protein membantu pencernaan. Konsumsi protein juga mendorong agar kelebihan asam lambung digunakan untuk mencerna protein, sehingga kelebihan asam lambung bisa diatasi.

 

  1. Konsumsi kaldu tulang

Tulang mengandung mineral, amino, dan gelatin yang bila diolah dalam kaldu tulang akan membantu menenangkan saluran pencernaan Anda.

 

  1. Konsumsi cuka apel

Anda mungkin berpikiran bahwa penderita maag tidak boleh mengkonsumsi makanan yang terlalu asam. Tapi, cuka apel yang asam justru membantu mengurangi kontraksi pada perut dan mengatasi gejala maag. Caranya, minumlah segelas air yang telah ditambahkan 1-2 sendok teh cuka apel.

 

  1. Kurangi konsumsi kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi akan meningkatkan produksi asam lambung. Karena itu, batasi konsumsi kopi agar tidak lebih dari 1 cangkir per hari. Bila maag sedang kambuh, hentikan dulu kebiasaan minum kopi Anda.

 

Semoga langkah-langkah ini membantu Anda menjaga agar masalah maag Anda tidak sering kambuh ya, Sahabat Fullerton.

 

sumber: www.hellosehat.com

Related posts