Menjaga Jantung Sehat dengan Makanan Sehat

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kematian akibat penyakit jantung bahkan mencapai lebih dari 36 persen dari kematian di Indonesia pada tahun 2016. Indonesia bahkan berada pada peringkat ketiga di ASEAN dalam jumlah resiko penyakit jantung, setelah Laos dan Filipina. Tentu bukan prestasi yang membanggakan, ya.

 

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. 3 penyebab utama penyakit jantung di Indonesia adalah kebiasaan merokok, kemudian masalah kelebihan berat badan dan tekanan darah tinggi. Pola makan sehat bisa membantu mencegah 2 dari 3 penyebab utama tersebut.

 

Beberapa makanan tertentu berpengaruh positif pada tekanan darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida, serta peradangan pada tubuh yang merupakan faktor resiko penyakit jantung. Untuk jantung yang lebih sehat, beberapa makanan berikut sebaiknya jadi bagian dari pola makan Anda sehari-hari:

 

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran seperti bayam dan kale kaya vitamin K yang membantu melindungi pembuluh darah. Selain itu, sayuran hijau juga kaya nitrat yang membantu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan fungsi sel pada pembuluh darah.

 

  1. Gandum utuh

Gandum utuh berarti gandum yang masih mengandung bagian lembaga, endosperma, dan kulitnya. Serat dari gandum utuh membantu mengurangi kolesterol jahat LDL dan mengurangi resiko penyakit jantung.

 

  1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Alpukat juga kaya potassium yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

 

  1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel kaya asam lemak Omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan makan ikan berkorelasi positif dengan kolesterol yang rendah, trigliserida rendah, serta tekanan darah yang normal. Bila Anda tidak sering makan ikan, minyak ikan bisa jadi pilihan Anda.

 

  1. Edamame

Edamame kaya isoflavon yang membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain edamame, bahan makanan dari kacang kedelai lainnya seperti tahu dan tempe juga bisa jadi pilihan.

 

Selain bahan-bahan makanan di atas, masih banyak bahan makanan lain yang lebih ‘ramah’ pada jantung Anda, seperti kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian, buah beri seperti strawberry dan blueberry, teh hijau, dll. Yang pasti, utamakan bahan makanan segar dan hindari bahan makanan olahan yang tinggi lemak trans, lemak jenuh, garam, dan gula. Selain itu, tentu saja, berhentilah merokok. Semoga kita terhindar dari penyakit jantung ya, Sahabat Fullerton!

 

Sumber: : www.healthline.com

Related posts