Tetap Sehat Walaupun Suka Ngemil

Jam 10 pagi atau jam 3-4 sore sering disebut sebagai jam-jam rawan ngemil. Waktu sarapan atau makan siang sudah lewat, tapi perut sudah ribut minta diisi. Kalau hal ini terjadi, sebaiknya Sahabat Fullerton ngemil demi menuruti keinginan perut atau tidak?

 

Ngemil atau menikmati makanan ringan di antara 2 waktu makan sebenarnya merupakan cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Jadi, sebenarnya ngemil pun bisa jadi bagian dari gaya hidup sehat, asalkan camilan yang Sahabat Fullerton nikmati adalah camilan sehat. Lalu, bagaimana caranya agar kebiasaan ngemil Anda jadi kebiasaan ngemil yang sehat?

  1. Utamakan camilan sehat

Hindari camilan dalam kemasan yang biasanya tinggi kandungan kalori dan gulanya, serta mengandung pengawet. Bahkan produk dalam kemasan yang mengklaim dirinya sebagai camilan sehat pun perlu dihindari, karena label ‘bebas pengawet‘ atau ‘rendah gula‘ atau label lain yang biasa Sahabat Fullerton temukan dalam produk makanan sehat tidak menjamin bahwa produk tersebut baik untuk Anda. Buah segar atau sajian sehat lain yang kaya vitamin dan mineral bisa jadi pilihan camilan sehat yang paling tepat.

  1. Jaga porsi

Bahkan asupan camilan sehat pun tetap harus Anda batasi porsinya. Jangan sampai Anda terlalu banyak mengkonsumsi camilan sehingga mengurangi nafsu makan Anda saat jam makan tiba. Akibatnya, asupan nutrisi yang Anda dapat dari makanan sehat pun jadi berkurang.

  1. Jangan ngemil kalau tidak lapar

Ngemil bisa jadi kebiasaan buruk kalau ngemil dilakukan ketika Anda sedang tidak lapar. Bila Anda ngemil walaupun sedang tidak lapar, otomatis asupan makanan Anda jadi terlalu banyak. Makan berlebihan itu tidak pernah bermanfaat positif bagi kesehatan Anda.

  1. Buat camilan sendiri

Membuat camilan sendiri adalah salah satu cara untuk membuat camilan yang Anda inginkan jadi lebih sehat. Misalnya, Anda sangat kepingin ngemil kentang goreng. Anda bisa membuat ‘kentang goreng‘ sehat dengan cara memotong kentang secara memanjang menyerupai kentang goreng, lalu memasaknya di dalam oven agar lebih sehat dibandingkan kentang yang digoreng dalam minyak yang banyak.

  1. Tetap banyak minum air putih

Tahukah Sahabat Fullerton bahwa dehidrasi menyebabkan tubuh menyalahartikan rasa haus menjadi lapar? Karena itu, cukupi asupan cairan Anda setiap hari dengan banyak minum air putih, sehingga nafsu ngemil pun jadi lebih mudah dihindari.

 

Lalu, sajian seperti apa yang bisa jadi camilan sehat Anda? Selain buah dan sayuran, gandum utuh juga bisa jadi pilihan camilan sehat. Granola buatan sendiri, roti gandum dengan selai buah rendah gula, atau sereal gandum bisa jadi inspirasi. Kacang-kacangan yang disajikan tanpa garam juga bisa jadi cemilan sehat. Jadi, Anda mau ngemil sehat apa hari ini?

Related posts